Selasa, 03 Mei 2011

Dewa mesir kuno

1.Thoth
Thoth (diucapkan / θoʊθ / atau / toʊt /) adalah salah satu dewa paling penting di peradaban Mesir Kuno. Dalam seni, ia sering digambarkan sebagai orang dengan kepala sebuah ibis atau babon. Mitra femininnya adalah Seshat. Kuil utama untuk Thoth terletak di kota Khmun,yang kemudian diubah namanya menjadi Hermopolis Magna semasa era Greco-Roman.Kuil-kuil lain untuknya juga dibangun di kota Abydos, Hesert, Urit, Per-Ab, Rekhui, Ta-ur, Sep, Hat, Pselket, Talmsis, Antcha-Mutet, Bah, Amen-heri-ab, and Ta-kens.

2.Horus
Horus adalah salah satu dewa paling penting dalam agama Mesir Kuno, ia dipuja sejak kurun pra-dinasti hingga masa Yunani dan Romawi. Horus adalah putra Isis dan Osiris, akan tetapi di lain tradisi, Hathor dianggap sebagai ibunya, bahkan terkadang isterinya. Dalam pantheon Mesir, Horus dipuja sebagai dewa langit, dewa perang, dan dewa pelindung. Berbagai bentuk perwujudan Horus tercatat dalam sejarah tetapi dianggap sebagai dewa-dewa berbeda oleh Egyptolog.Berbagai bentuk yang berbeda ini mungkin merupakan berbagai persepsi yang sama namun berlapis-lapis yang menonjolkan ciri tertentu atau hubungan sinkretis satu sama lain, sesuai dengan cara pandang Mesir Kuno memandang bahwa terdapat banyak aspek dari realitas.
Bentuk perwujudan paling awal dari Horus adalah Rajawali yang merupakan dewa pelindung Nekhen di Mesir Atas dan juga merupakan salah satu dewa nasional pertama Mesir. Dewa ini secara khusus dikaitkan dengan raja (firaun) yang ketika hidup dianggap sebagai manifestasi Horus di muka bumi dan sebagai Osiris ketika sudah wafat.

3.Bastet
Bast (namanya juga dieja Bast, Baast, Ubasti atau Baset) adalah dewi perlindungan dan kucing di Mesir Kuno. Ia adalah putri dari Ra, sang dewa matahari. Dewi ini dipuja semenjak masa Dinasti Kedua.
Pusat pemujaannya terletak di Per-Bast (Bubastis dalam bahasa Yunani).
Bastet digambarkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing yang jinak. Namun, sampai 1000 SM ia digambarkan sebagai singa betina. Ketika Ra menghancurkan musuhnya Apep, Bastet biasanya digambarkan sebagai kucing. Ketika digambarkan sebagai kucing, dia dihubungkan dengan bulan (anaknya Khonsu adalah dewa bulan). Ketika ditampilkan sebagai singa betina, ia dikaitkan dengan sinar matahari.
Bast adalah dewi api, kucing,pelindung rumah dan wanita hamil. Menurut salah satu mitos, dia adalah personifikasi jiwa Isis. Dia juga disebut sebagai "Putri dari Timur".
Bastet seperti halnya kucing memiliki dua sisi kepribadiannya, jinak dan agresif. Dia jinak dan lembut dipandang di samping tugasnya sebagai pelindung rumah, dan wanita hamil, serta agresif karena sifat alaminya.

4.Amun
Amun, rekonstruksi dari bahasa Mesir Yamānu (juga diucapkan Amon, Amoun, Amen, dan kadang Imen, Yunani Ἄμμων Ammon, dan Ἅμμων Hammon), adalah nama dewa dalam mitologi Mesir yang muncul secara berangsur-angsur dari konsep abstrak menjadi dewa pelindung Thebes dan menjadi salah satu dewa penting di Mesir Kuno sebelum memudar dengan ketidakjelasan.


 
5.Sekhmet

Dalam mitologi Mesir, Sekhmet (juga disebut Sachmet, Sakhet, Sekmet, Sakhmet dan Sekhet; dengan nama Yunani, Sakmis), adalah dewi Mesir Hulu. Dia digambarkan berkepala singa betina. Dikatakan bahwa nafasnya menciptakan gurun pasir. Dia dipercaya sebagai pelindung firaun dan pemimpin pertempuran.
Pemujaannya sangat dominan di Mesir, ketika firaun pertama dari Dinasti kedua belas, Amenemhat I, memindahkan ibukota Mesir ke Itjtawy, pusat pemujaan Sekhmet juga ikut dipindah. Sekhmet juga merupakan dewi matahari, kadang-kadang dianggap sebagai aspek dari dewi Hathor dan Bast. Dia memakai cakram matahari dan Uraeus yang dengan demikian menghubungkannya dengan Wadjet dan kerajaan. Dengan segala asosiasi ini, dia bisa disebut sebagai juru damai dari dewi Ma'at di Ruang Penghakiman Osiris.

6.Isis
Isis atau Aset (Yunani KunoἾσις) adalah dewi pada kepercayaan Mesir Kuno. Ia dipuja sebagai ibu dan istri yang ideal, dan juga sebagai ibu dari alam dan sihir. Isis merupakan sahabat bagi budak, pendosa, tukang, dan orang yang tertekan. Ia juga mendengarkan doa-doa orang kaya, aristokrat, dan penguasa.Isis merupakan dewi keibuan, sihir, dan kesuburan.
Dewi Isis (ibu dari Horus) adalah putri pertama Geb, dewa Bumi, dan Nut, dewi langit.




7.Neith
Dalam mitologi Mesir, Neith (juga dikenal Nit, Net, dan Neit) adalah dewi pada masa awal dalam panteon Mesir. Dia merupakan pelindung dewa Sais, dimana pemujaan terhadapnya dipusatkan di bagian barat Delta Nil Mesir dan terbukti pada dinasti pertama Mesir.[1]. Nama Mesir Kuno untuk kota ini adalah Zau.






8.Mut
Mut, yang berarti ibu dalam bahasa Mesir kuno,adalah dewi ibu Mesir kuno dengan banyak aspek yang telah berubah selama seribu tahun budayanya. Pengucapan lainnya ialah Mout. Dia sering digambarkan sebagai hering putih. Dia termasuk dalam dewa penting, yang dihubungkan dengan air yang mana segalanya terlahir melalui partenogenesis. Dia juga digambarkan sebagai wanita dengan mahkota Mesir di kepalanya. Hukum di Mesir kerap kali menunjang penyembahannya dengan cara mereka sendiri untuk menekankan otoritas mereka dan hak untuk mengatur seluruh perkumpulan dengan Mut.

9.Nekhbet
Dalam mitologi Mesir, Nekhbet (juga diucapkan Nechbet, dan Nekhebit) adalah dewi lokal pradinasti awal yang merupakan pelindung kota Nekheb, namanya berarti dari Nekheb. Pada akhirnya, dia menjadi pelindung Mesir Hulu dan salah satu dari dua dewi pelindung untuk seluruh Mesir Kuno sebelum bersatu.

0 komentar:

Posting Komentar